Steve Nash

Stephen John Nash, OC, OBC (lahir 7 Februari, 1974 di Johannesburg, Afrika Selatan adalah pemain bola basket profesional Kanada. Ia sekarang bermain untuk Phoenix Suns dalam kompetisi National Basketball Association dan juga sebagai pemain di tim nasional bola basket Kanada dalam berbagai kompetisi internasional. Ia bermain sebagai point guard. Ia juga pernah memperkuat Dallas Mavericks dan terpilih pertama kalinya sebagai All Star ketika memperkuat Dallas.

Sungguh sangat ironis bagi seorang Nash yang pada tahun 2004 “dibuang” oleh klub lamanya Dallas Mavericks karena ia divonis telah “habis”. Dikontrak Suns saat ia menjadi Free-Agent (tidak memiliki kontrak dengan tim manapun), Nash kemudian membuat Suns menjadi salah satu tim yang paling ditakuti di NBA. Puncaknya yaitu pada musim 2004-2005 dimana ia dinobatkan sebagai pemain terbaik (NBA MVP) karena kontribusinya terhadap timnya. Musim berikutnya yaitu 2005-2006 Steve Nash kembali mengulang prestasi terbaiknya tersebut dimana ia kembali mendapatkan penghargaan MVP. Nash menjadi point guard kedua sepanjang sejarah setelah Magic Johnson yang mampu meraih penghargaan MVP 2 tahun berturut-turut.

Pada tanggal 26 Desember 2008, Nash menjadi orang yang ke-13 yang mampu melakukan 7000 assist atau lebih dalam sejarah NBA. Assist merupakan keahlian atau senjata terhebat Nash saat bermain. Kemampuannya dalam melihat pergerakan lawan maupun rekan setim, membuat operan-operannya yang akurat membuat kagum setiap penonton yang melihat pertandingan Suns. Ia juga mahir dalam dribble, lay-up, drive, maupun 3 poin shooting.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: